Bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh banyak orang. Hal ini terkait dengan kemajuan zaman ini yang menjadikan teknologi sebagai hal penting untuk menunjang kemajuan. Bagi pembaca yang ingin mempelajari bahasa program tersebut, hal dasar yang harus dipahami adalah Algoritma pemograman tersebut.
Dalam matematika dan ilmu komputer algoritma adalah urutan atau langkah-langkah untuk penghitungan atau untuk menyelesaikan masalah yang ditulis secara berurutan sehingga algoritma pemrograman adalah urutan atau langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah pemrograman komputer.
Dalam pemrograman, hal yang paling penting adalah logika kita dalam berpikir bagaimana cara untuk memecahkan suatu masalah pemrograman yang akan dibuat.
Untuk contoh algoritma dalam matematika seperti dibawah ini:
Algoritma untuk menghitung nilai y dari persamaan y = 3x + 8
Algoritma nya adalah:
- Mulai
- Tentukan nilai x
- Hitung nilai y = 3x + 8
- Cetak nilai x dan y
- Selesai
Dan sekarang contoh algoritma dalam kehidupan sehari-hari, misalnya cara memasak mie.
- Siapkan 1 bungkus mie instan, 400ml air (2 gelas), panci, mangkok, sendok, dan garpu.
- Masukkan 400ml air kedalam panci
- Masak air
- Tunggu hingga mendidih
- Masukkan mie nya kedalam panci yang berisi air yang mendidih
- Tunggu dan aduk hingga 3 menit
- Jika sudah matang masukkan bumbunya
- Aduk hingga rata
- Sajikan mie ke dalam mangkok yang disediakan
Penyajian algoritma secara garis besar dapat dibagi dalam 2 bentuk penyajian yaitu:
1. Tulisan
Struktur bahasa tertentu (misalnya B.Indonesia atau B.Inggris) dan pseudocode. Pseudocode adalah kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya seperti pascal atau C, sehingga tepat digunakan dalam menggambarkan algoritma yang akan dikomunikasikan kepada programmer.
2. Gambar
Algoritma yang disajikan oleh gambar adalah dengan flowchart, flowchart adalah bagan (chart) yang menunjukkan alir (flow) di dalam program atau merupakan prosedur sistem secara logika. Flowchart digunakan untuk alat bantu komunikasi dan untuk komunikasi.
0 comments:
Post a Comment